Happy Birthday Andalas

13 September 2pict2105.jpg001, di Cincinnati Zoo Amerika Serikat lahir seekor bayi badak sumatera yang sehat dan lucu, badak kecil ini diberi nama Andalas. Kelahirannya merupakan sepercik harapan bagi kehidupan spesies ini dimasa yang akan datang dan merupakan tonggak sejarah konservasi badak sumatera, karena sekitar 100 tahun lalu orang sudah memelihara badak sumatera baru kali ini berhasil lahir di captive (kandang penangkaran buatan). Dengan hanya sekitar 300 ekor yang bertahan hidup di alam liar dan 10 ekor di captive, badak sumatera benar-benar spesies yang sedang dalam keadaaan kritis dan terancam, saat ini badak sumatera merupakan salah satu dari mamalia besar yang hampir punah didunia.  Walaupun seekor anak badak tidak akan menyelamatkan spesies ini, kelahiran Andalas telah didengungkan sebagai bagian yang penting pada zaman ini (Alm Dr. Tom Foose – IRF), karena akhirnya membuktikan dapat menyibak misteri tentang perkembangbiakan spesies ini di captive.
13 September 2007, Andalas kecil kini sudah besar dan tempatnya pun sudah pindah ke Taman Nasional Way Kambas tepatnya di Suaka Rhino Sumatera. Seiring dengan bertambahnya usia Andalas terselip harapan besar bagi keberhasilannya mengawini badak betina lain seperti Ratu, Rosa dan Bina. Tak lain untuk penambahan populasi badak sumatera yang memang sangat sedikit dan terus turun dari waktu ke waktu.
Usia ini adalah usia awal memasuki kedewasaan dan Andalas berada ditempat yang tepat untuk menuju kedewasaannya, dimana di Wa
y Kambas ia mempunyai 3 ekor betina sebagai pasangannya. Andalas buktikan kejantananmu dan Selamat Ulang tahun, Happy Birthday big boy..

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: